Salah satu metode pembelajaran yang dicanangkan dalam implementasi kurikulum MBKM adalah metode pembelajaran berbasis case method dan team base project. Pembelajaran di kelas dengan menggunakan case method akan mengajak mahasiswa untuk mengamati dan menganalisis permasalah fisika dalam dunia nyata atau secara kontekstual. Pembelajaran di kelas dengan menggunakan team based project akan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pemecahan masalah proyek. Mahasiswa akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru dalam pembelajaran. Pembelajaran berbasis team based project membuat peserta didik lebih aktif dalam memecahkan masalah proyek yang kompleks dengan hasil produk nyata.
Pembelajaran berbasis case method dan team based project harus dirancang dengan baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dosen harus merancang model pembelajaran berbasis case method dan team base project sesuai dengan karakteristik atau ciri dari masing-masing matakuliah. Model pembelajaran yang sesuai dengan ciri khas matakuliah, sistematis dan mempunyai daya guna akan membuat pembelajaran mencapai tujuan yang telah di canangkan. Akan tetapi, pada matakuliah di odi pendidikan fisika masih belum menggunakan case method dan team base project dalam pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan pengembangan model case method dan team based project agar proses pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan daya analisis, pemecahan masalah dan mampu mengambil keputusan terhadap permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.