Desa Watugede, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang merupakan salah satu tempat pengabdian Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) MBKM Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama). Dalam pelaksanaan pengabdian terhadap masyarakat mahasiswa KKN-T MBKM Unikama 2022 berupaya untuk melestarikan peninggalan sejarah dengan cara membersihkan lingkungan di sekitar Pertirtaan Watugede.

Bertepatan hari sabtu (13/08/2022) mulai pukul 09.00 WIB. Mahasiswa KKN-T MBKM Unikama di Desa Watugede, bersama dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan melakukan kegiatan pelestaraian lingkungan pertirtaan di Desa Watugede.

Kegiatan pelestarian ini yaitu kegiatan membersihkan lingkungan sekitar pertirtaan Watugede untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas dari kotoran. Dengan lingkungan yang sehat dapat berpengaruh terhadap kenyamanan, keindahan dan keasrian lingkungan.

Mahasiswa KKN-T MBKM Unikama di Desa Watugede melakukan pelestarian lingkungan dengan beberapa kegiatan. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah membersihkan pemandian KEN DEDES agar tetap bersih dan nyaman untuk dikunjungi masyarakat. Sebagian masyarakat percaya bahwa air yang berada dipertirtaan Watugede tersebut bisa mengabulkan harapan.

Program pelestarian lingkungan Pertirtaan Watugede ini diharapkan mampu menjadi bagian dari gerakan pelestarian lingkungan yang berkelanjutan yang bertujuan untuk memotivasi masyarakat agar mencintai kebersihan lingkungan.  

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Kanjuruhan Malang ISKANDAR terpilih sebagai SEKRETARIS JENDRAL FORMASIJATIM 2023/2024